Jumat, 07 Mei 2010

walli pitue

Wali Pitu'e (PortalBugis)

Yang mungkin teman-teman sering mendengar Wali Songo. dan mungkin juga wali songo ini sudah tidak asing lagi ditelinga umat Islam yang berada di indonesia. yah siapa sangka di daerah Selawasi selatan khususnya di bugis kami juga mengenal dan Mempercayai Wali Yang berasal dari Timur yakni Wali Pitue atau Wali Tujuh.

Wali Pitue From  Sulawesi

tapi hingga saat ini saya menilai dari sudut pandang saya pribadi bahwa banyaknya orang-orang atau masyarakat sekitar yang menyalah gunakan arti ini. yah seperti Menyembah Mereka untuk mendapatkan sesuatu dan tidak menyembah sang Pencipta. Saya merasakannya di Daerah Polmas Desa Lapeo. lebih tepatnya Rumah Imam Lapeo yang merupakan salah satu dari wali pitue ini. dengan sesajen, sokko (Ketan yang sudah di masak), Buras Dan sebagainya meminta kepanjangan umur, meminta dilimpahkan rejeki dan ini membuat perbuatan-perbuatan tersebut dengan akal jernih saya pribadi. walaupun mereka hanya dijadikan perantara toh secara logika sama aja mereka menyembah mereka.
Yah Itulah keaneka ragaman kepercayaan manusia.

3 komentar:

  1. Perbuatan orang tsb memang seperti menyembah. Seperti....sekali lagi "SEPERTI". saya rasa kita semua tahu arti "SEPERTI" tsb. Menurut kebanyakan orang perbuat mereka seperti menduakan Tuhan. Tapi menurut sebagian kecil orang ( termasuk saya ), perbuatan mereka belum tentu menduakan tuhan. Tergantung dari pemahaman mereka saat melakukan sesajian itu. kata orang tua, "Allah tidak pernah menciptakan apapun melainkan dari dirinya sendiri". ( kata orang tua sih...kalimat itu diambil dari Al-Qur'an). Jika orang yang mlakukan sesajian tersebut mengerti dan paham akan makna kalimat tsb, sy rasa mereka tidak menduakan tuhan. Terlalu sulit untuk dijelaskan... karena saya tidak sanggup mengetik terlalu banyak. Semoga pembaca sekalian bisa mengerti maksud sy. Mungkin kedengaran kurang waras karena saya ISLAM 100% san mengatakan hal tsb diatas dimana sebagian besar orang sudah memvonisnya sebagai suatu kesalahan. jika saya menulis lebih banyak, pasti lama2 saya dianggap orang gila. Tapi silahkan pelajari kalimat dari rang tua tsb. semoga anda mendapatkan petunjuk dari Allah, tuhan yang anda dan saya sembah.

    BalasHapus
  2. terima kasih sodara sudah meluangkan waktu untuk bersilaturahim dan saya sangat berterimakasih karna sodara sudah mengeluarkan apa yang sodara anggap betul.dalam artian"tampa menyalahkan orang lain"tapi klo menurut saya pribadi tampa ada niat untuk menyinggung sodara mohon maaf saya kutip kata sodara "Tapi menurut sebagian kecil orang ( termasuk saya )"itu artinya anda punya pemahaman tersendi sementara yang saya lihat lansung berbeda maka dari itu saya mengatakan keaneka ragaman kepercayaan manusia.
    terima kasih..

    BalasHapus
  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus